Peningkatan Kesadaran vs Peningkatan Pelayanan
manggaraitimurkab.go.id - Salah satu tolok ukur keberhasilan pelayanan pemerintah adalah penilaian dari masyarakat dalam bentuk pengaduan dan indeks kepuasan. Hal ini dapat dijadikan evaluasi untuk perbaikan kinerja pelayanan. Perbaikan pelayanan itu mutlak dengan adanya dukungan dari keterlibatan masyarakat secara jujur dan obyektif. Sinergitas antara masyarakat dan pemerintah merupakan suatu keharusan, dimana masyarakat berperan aktif agar pemerintah dapat memperbaiki pelayanan publik ke arah yang lebih baik.
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Manggarai Timur dalam pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil mengedepankan peningkatan ketertiban karena produk layanannya adalah dokumen resmi atau dokumen yang mempunyai kekuatan hukum. Dengan demikian mampu memberi kepuasan kepada masyarakat yang ditunjang dengan upaya mempercepat proses agar produk yang dihasilkan dapat diselesaikan secara cepat dan benar sesuai peraturan perundangan yang berlaku.