Borong, manggaraitimurkab - Deklarasi pendirian Asosiasi Kepala Desa se-Manggarai Timur berlangsung berlangsung di aula Home Stay WB di Borong, Rabu (22/11). Pembentukan asosiasi yang diinisiasi oleh 24 kepala desa ini merupakan kelanjutan salah satu rekomendasi yang dihasilkan dari Bimtek Peningkatan Aparatur Desa untuk 65 kepala desa model di Manggarai Timur yang berlangsung awal bulan ini.

Paulus Jemui, Kepala Desa Wejang Mali yang terpilih sebagai ketua asosiasi pada deklarasi ini menyatakan bahwa hal ini merupakan langkah maju dalam memperjuangkan kepentingan masyarakat desa. “Terima kasih untuk kepercayaan ini dan mari kita berjuang Bersama untuk kepentingan masyarakat desa melalui asosiasi ini,” ungkapnya. Untuk itu, lanjut Paulus, langkah maju ini harus diperkuat dengan menjadikan semua kepala desa yang ada di Manggarai Timur sebagai anggota. Dengan kekuatan asosiasi yang menyatukan semua kepala desa ini maka perjuangan untuk kepentingan masyarakat desa akan semakin mudah.

“Melalui asosiasi ini kita akan saling berbagi ilmu tentang pengelolaan program dan kegiatan pembangunan di desa masing-masing,” sambungnya. Dengan begitu semua desa akan maju dan berkembang secara bersama-sama dan tidak hanya desa tertentu saja. Baginya, kekuatan asosiasi ini nantinya bukan terletak pada ketua dan pengurus yang telah terbentuk tetapi pada kesamaan pandangan semua kepala desa. Pandangan untuk memajukan desa dan memperjuangkan kepentingan masyarakat desa secara Bersama-sama.

Selanjutnya, menurut Paulus akan ada pertemuan untuk menyusun langkah-langkah yang perlu guna menyatukan pandangan dan program kerja serta menyatukan semua kepala desa di Manggarai Timur dalam wadah ini. “Ini wadah untuk semua kades di Manggarai Timur dan bagi yang belum bergabung diharapkan agar teman-teman yang hadir agar mengajak mereka yang lain untuk menjadi anggota,” ujarnya.

Susunan pengurus asosiasi ini yakni; Ketua dijabat oleh Paulus Jemui; Wakil Ketua I dijabat Ali Wardana; Wakil Ketua II dijabat Feliks Got; Sekertaris dijabat Albert Jehaman dan Bendahara dijabat Silvester Nobi Robin. (kmfkmt)


LOKASI KAMI :