Borong, manggaraitimurkab - Kepala Desa Watu Lanur, Kecamatan Poco Ranaka, Kabupaten Manggarai Timur, Petrus Radison menyatakan bahwa pemanfaatan dana desa tahun 2017 diprioritaskan untuk akses ke lembaga pendidikan, pertanian dan penataan kampung. Demikian disampaikannya di Borong, belum lama ini.

“Tahun ini  yang kami lakukan adalah penggalian jalan di Dusun Kedel, dari RT 05 menuju SMPN IV Poco Ranaka,” ujarnya. Menurut Radison, program ini menjadi salah satu prioritas karena merupakan agenda yang masih tertunda dari tahun-tahun sebelumnya untuk mempersingkat dan mempermudah siswa dalam memperoleh akses pendidikan.

“Potensi Desa Watu Lanur adalah sektor pertanian sehingga saluran irigasi menjadi salah satu kebutuhan mendesak,” ungkap Radison. Ditambahkannya, pada tahun 2017 melalui dana desa akan dibangun saluran irigasi sepanjang 240 meter, untuk meningkatkan hasil produksi sawah warga. Saluran irigasi ini menjadi penting karena akan menjamin ketersediaan air bagi persawahan masyarakat sehingga diharapkan mampu meningkatkan produktivitas hasil sawah.

Salah satu agenda prioritas tahun 2017 di desa Watu Lanur, lanjut Radison adalah membangun tembok penahan tanah di SMP Negeri IV Poco Ranaka. Baginya tembok ini mendesak karena laporan dari guru-guru di sekolah ini, dimana beberapa ruang di lembaga pendidikan ini terancam longsor dan berbahaya bagi aktivitas belajar mengajar. “Setelah kami survey, ternyata itu benar,” ujarnya. “Memang dalam juknis pengelolaan dana desa, kami tidak bisa merambah ke fasilitas gedung sekolah, tetapi yang dibangun itu tembok penahan tanah sehingga bisa menyelamatkan aset lembaga pendidikan senilai 1,8 miliar yang dibangun tahun 2011 ini,” jelas Radison. Selain itu, penataan kampung juga direncanakan akan dilaksanakan dengan memanfaatkan dana desa melalui program rabat.

 

Dengan demikian dana yang dibutuhkan untuk terlaksananya program prioritas Desa Watu Lanur tahun 2017, menurut Radison, sebesar Rp760.000.000. “Bagi saya, penentuan skala prioritas itu dengan mempertimbangkan sejauh mana program itu menyentuh dan melayani kebutuhan lebih banyak orang,” ungkap Radison. (kmfkmt)


LOKASI KAMI :