Drs. Yosep Tote M.Si 

Dilahirkan di Ketang, 31 Desember 1957. Menempuh pendidikan dasar di SDK Ketang dan berijasah tahun 1971.  Melanjutkan pendidikan jenjang menengah pertama di SMPK Pancasila Borong dan menamatkannya pada tahun 1975.  Pendidikan tingkat menengah atas ditempuh di SPG Setia Bakti Ruteng dan lulus pada tahun 1977.  Meraih gelar sarjana dari Jurusan Bahasa dan Sastra Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusa Cendana Kupang dan mendapatkan gelar magister dari Program Pascasarjana Universitas Gajah Mada Yogyakarta tahun 1999. 

 

Semasa menjadi mahasiswa beliau aktif  dalam organisasi PMKRI St. Fransiskus Cabang Kupang dan pernah menjadi Ketua Umum Persatuan Mahasiswa dan  Pelajar  Dioses Ruteng (Tamisari) 

Sebelum terjun ke dunia politik praktis, berkiprah sebagai pengajar dan pendidik. Pernah mengabdi di almamaternya SMPK Pancasila Borong (1978-1979) dan mengajar di Sekolah Pendidikan Guru Negeri Dili (SPGN Dili) sejak tahun 1985. Beliau menjadi salah satu inisiator berdirinya Universitas Timor Timur (Untim)  dan menjadi dosen luar biasa di kampus Untim antara tahun 1986-1999. 

Pada tahun  1990 terpilih menjadi Instruktur Bidang Studi Bahasa dan Sastra tingkat Nusa Tenggara dan Bali. Pada tahun yang sama terpilih menjadi Instruktur Bagi Guru Program Penyetaraan DII –PGSD untuk tingkat nasional dari Kanwil Provinsi Timor-Timur.  Tahun 1995  mendapatkan penghargaan sebagai Guru Teladan Tingkat Nasional  dan masuk dalam sepuluh besar guru berprestasi tingkat nasional.          

Tahun 1996 hingga 1999 mengajar di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Dili dan menjadi dosen luar biasa di Universitas Timor Timur sampai pertengahan tahun 1999. 

Tahun 1999, rakyat Provinsi Timor-Timor melakukan referendum dan Timor Leste berdiri sebagai negara berdaulat. Bersama keluarga, kembali ke Flores dan menjadi bagian dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai. Antara tahun 2001-2006 menjabat sebagai  Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai.  Pada tahun 2006 mengemban tugas sebagai Kepala Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Manggarai. 

Tahun 2008 – pemilukada pertama dilaksanakan di Manggarai Timur. Pasangan Yosep Tote dan Andreas Agas mendapatkan suara mayoritas dan terpilih menjadi Bupati - Wakil Bupati Manggarai Timur masa bakti 2009 – 20014. Tahun 2014 – genderang pemilukada kembali ditabuh.  Pasangan Yosep Tote dan Andreas Agas tetap utuh dan padu, terpilih  sebagai  Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Timur periode 2014 – 2019. 

Menikah dengan Ibu Maria Yosefina Sedia dan dikaruniai enam orang anak. Saat ini menetap di Borong – Ibukota Kabupaten Manggarai Timur.