Manggaratimur-MC, Dinas Sosial Kabupaten Manggarai Timur melaksanakan pelatihan manajemen dasar Karang Taruna tingkat kabupaten, Jumat, (13/03/2020) . Pelatihan Manajemen Dasar Karang Taruna (PMDKT), akan dilaksanakan selama dua hari, sejak tanggal 12 hingga 13 maret 2020.

Tiga puluh empat peserta ( 34 ) ini, terdiri dari orang yang terdiri dari pengurus desa 7 orang, pengurus kecamatan 9 orang, Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) 10 orang dan pengurus Karang taruna Kabupaten 8 orang. Selanjutnya pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan kapasitas Karang Taruna, dari jenjang desa atau kelurahan, kecamatan dan hingga kabupaten.

Sambutan Bupati manggarai Timur yang dibacakan Asisten I Bupati Manggarai Timur, Benny Nahas, mengharapkan, Karang Taruna mampu menjadi potensi yang mendorong kesejahteraan sosial.

Benny Nahas dalam kesempatan ini mempertegas keberadaan Karang Taruna. “ Karang Taruna disetiap jenjang harus bertumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang cerdas, inovatif, berkarakter serta memiliki kesadaran dan tanggungjawab sosial. Karang Taruna mampu berperan, mencegah, menangkal menanggulangi dan mengantisipasi berbagai masalah kesejahteraan sosial, khususnya terhadap Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS)” ujarnya.

Maria Resti Harum selaku kepala bidang pemberdayaan sosial pada Dinas Sosial kabupaten manggarai timur, menyampaikan pelatihan manajemen dasar Karang Taruna ini dilaksanakan agar setiap karang taruna bisa melaksanakan tugas pokok dan fungsi.

Hingga saat ini jumlah PMKS dikabupaten Manggarai Timur mencapai 26 Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial ( PMKS), sementara jumlah Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) yang tersebar di 176 desa dan kelurahan di kabupaten Manggarai Timur, saat ini baru berjumlah 12 kelompok. Walaupun rasio PMKS dan PSKS masih timpang, langkah Dinas Sosial ini menjadi harapan bagi generasi muda untuk memainkan peran penting dalam kehidupan sosial.

Peliput : Muhamad Yamin

Editor : Patrys Anggo


We have Android App!

Install Manggarai Timur App for better Browsing

Download

JDIH Manggarai Timur

NEWSLETTER

Please enable the javascript to submit this form

LOKASI KAMI :