ManggaraiTimur-MC, Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur (KMT) melakukan inovasi dalam rangka meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembangunan dan pengembangan daerah. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi komunikasi dan informasi saat ini, pada 27 Januari yang lalu, Pemerintah KMT melalui Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (BAPPEDA) bekerja sama dengan JMC IT Consultant, meluncurkan sebuah aplikasi sistem informasi E-Planing yang disebut SEBERPLAN.

Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (BAPPEDA) KMT, Maksimus Ngkeros menjelaskan Aplikasi Sistem Informasi SEBERPLAN dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat.

“Dengan mengakses SEBERPLAN, masyarakat dapat melihat data-data perencanaan Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur, baik Tahun Anggaran 2020, maupun Tahun Anggaran 2021. Selain itu, Masyarakat juga akan mengetahui berbagai program, kegiatan, lokasi, dan anggaran pada setiap program pembangunan pemerintah” Ujar Maksimus. “Kesuksesan sebuah program pembangunan pemerintah sangat bergantung pada tingkat keterlibatan masyarakat dalam pelaksanaan maupun pengawasannya. Maka, dengan diluncurkannya SEBERPLAN ini, kami berharap partisipasi masyarakat dalam proses pelaksanaan maupun pengawasan dapat ditingkatkan” pungkasnya.

Lebih lanjut, Maksimus Ngkeros menambahkan SEBERPLAN dijadikan sebagai alternatif penyampaian aspirasi atau usulan masyarakat selain Forum MUSRENBANG.

“MUSRENBANG adalah forum resmi untuk menampung aspirasi masyarakat, tetapi karena forum ini terbatas, dan ada usulan-usulan yang tidak sempat diusulkan, dapat diusulkan melalui SEBERPLAN, dengan mengklik tombol Usulan Masyarakat, dapat mengajukan usulan kepada Bidang Urusan dan OPD terkait. Setiap laporan atau usulan yang masuk ke dalam sistem aplikasi SEBERPLAN akan diverifikasi oleh OPD terkait, dan ditindaklanjuti melalui proses cek lapangan, apabila memenuhi syarat, akan segera ditindaklanjuti.”ujar Maksimus

Selanjutnya, Conrad H. Jalang, Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah di BAPPEDA, menjelaskan SEBERPLAN dapat diakses melalui website www.seberplan.go.id. Dengan memilih tombol Public Login, Website ini akan menampilkan data-data statistik seputar Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dan Kebijakan Umum Anggaran Prioritas-Plafon Anggaran Sementara (KUAPPAS) Pemerintah KMT. Menu Statistik RKPD maupun KUAPPAS, akan memberikan informasi tentang program prioritas, Misi, Bidang Urusan, OPD, Lokasi dan Kewenangan. Dengan demikian, masyarakat dapat mengakses seluruh infomasi Program Pembangunan Pemerintah yang integral melalui SEBERPLAN.

Pengajuan, dapat diakses melalui tombol Usulan Masyarakat yang akan diarahkan menuju halaman pengisian data pengusul, berupa Nama, Alamat, Email, Nomor HP. Kemudian tentukan Bidang Urusan dan OPD yang berkaitan dengan usulan dan aspirasi lalu Pilih Desa dan Kecamatan yang menjadi sumber lokasi usulan.

Dengan demikian, SEBERPLAN diharapkan dapat menjadi sarana untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam proses pengawasan serta pelaksanaan program pembangunan daerah KMT demi mencegah penyimpangan-penyimpangan yang akan menghambat proses pelaksanaan program kegiatan pemerintah.

Peliput : Angelo

Editor : Angelo


We have Android App!

Install Manggarai Timur App for better Browsing

Download

JDIH Manggarai Timur

Berita Lainnya :

NEWSLETTER

Please enable the javascript to submit this form

LOKASI KAMI :