ManggaraiTimur,MC- Pakaian rapi dengan songkok (topi khas Manggarai) dikepala, Rofinus Marut (55), warga desa Bangka Kantar, nampak gagah. Sesekali, Rofinus bersama warga yang lain, nampak mengangguk angguk dan bertepuk tangan, selama acara penutupan Pembinaan Teritorial (BINTER) yang dilaksanakan oleh Pemda Manggarai Timur dan KODIM 1612/Manggarai, Tahun Anggaran 2019, Senin (11/11/2019).

Sebagai salah satu penerima bantuan perumahan, Rofinus merasa sangat terbantu, sebab selain bantuan material bangunan, pengerjaannyapun dilakukan secara gotong royong bersama anggota TNI. Kini rumah layak huni, bukan lagi sekedar impian. “ Kami merasa sangat gembira, dengan bantuan pemerintah daerah dan TNI. Kami bersyukur kepada Tuhan, karena program ini bisa hadir buat masyarakat di desa kami, ” ujarnya.    

Dandim 1612 Manggarai, Letkol Rudy Markiano Simangunsong, dalam laporannya menjelaskan, misi kegiatan BINTER Terpadu di Kabupaten Manggarai Timur, mensinergikan seluruh aparat negara, untuk menjadi solusi atas persoalan masyarakat. “ Sinergisitas antara pemerintah Kabupaten Manggarai Timur dan TNI juga lembaga lembaga lain, sesungguhnya mau menegaskan, bahwa negara hadir dalam kehidupan masyarakat , “ kata Rudy.

Kegiatan BINTER Terpadu ini, menrupakan kerjasama antara pemerintah Kabupaten Manggarai Timur bersama KODIM 1612/Manggarai, menyukseskan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di desa Bangka Kantar, Kecamatan Borong.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 21 hari ini, berhasil menyelesaikan pembangunan 50 unit rumah layak huni, disertai berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat. Dianataranya dengan menggelar penyuluhan wawasan kebangsaan, bela negara, pertanian, bahaya narkoba, ancaman radikalisme dan pembinaan Pramuka kepada masyarakat.

Dandim 1612 Manggarai, Letkol Rudy Markiano Simangunsong dalam kesempatan itu, menyampaikan apresiasi atas segala dukungan pemerintah Kabupaten Manggarai Timur beserta masyarakat, yang terlibat menyukseskan berbagai agenda BINTER KODIM 1612 /Manggarai. “ Terima kasih atas kerjasama kita bersama dalam kegiatan ini. Sesuai amanah konstitusi, kita semua harus merawat negara kita “ kata Rudy Markiano Simangunsong.

Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas ketika menutup kegiatan BINTER Terpadu 2019, secara resmi menegaskan, semangat kepahlawanan telah ditunjukkan TNI melalui kerja nyata bersama masyarakat. “ Apa yang telah dilakukan oleh bapak bapak akan diingat oleh seluruh masyarakat di desa Bangka Kantar. Dan semoga, semangat gotong royong ini, bisa menjadi pola masyarakat dan melanjutkan segala karya, yang sudah dirintis selama dua puluh satu hari oleh TNI kita,” ujar Agas Andreas.

Dalam kesempatan ini, Agas Andreas, menjelaskan beberapa agenda pembangunan yang sedang menjadi perhatian pemerintah Kabupaten Manggarai Timur. Diantaranya Elektrifikasi, Crossway, air minum, persiapan fasilitas sementara Polres Manggarai Timur dan pembangunan stadion sebagai fasilitas olah raga.

Bupati yang mengusung terminologi MATIM SEBER ( Sejahtera, Berdaya dan Berbudaya ) pada periode kepemimpinannya ini, mengharapkan spiritualitas Seber dalam tradisi Manggarai, mampu menjadikan masyarakat Manggarai di Kabupaten Manggarai Timur, untuk memiliki etos kerja yang tinggi, mampu berinovasi serta bekerja cerdas dan tepat.

(ManggaraiTimur/MC/Patrys Anggo)


We have Android App!

Install Manggarai Timur App for better Browsing

Download

JDIH Manggarai Timur

Berita Lainnya :

NEWSLETTER

Please enable the javascript to submit this form

LOKASI KAMI :