ManggaraiTimur, MC- Menyambut HUT ke - 12 Kabupaten Manggarai Timur, pada 23 November 2019, pemerintah Kabupaten Manggarai Timur, menyelenggarakan Pesta Rakyat yang dilaksanakan di Lehong, sebagai pusat pemerintahan Kabupaten Manggarai Timur.

Sekda Kabupaten Manggarai Timur, Boni Hasudungan, menjelaskan Pesta Rakyat di Kabupaten Manggarai Timur, menjadi konsep dan pola kegiatan, yang membuka ruang bagi partisipasi masyarakat. “Kita berharap, segala potensi atau aset yang menjadi kekayaan Manggarai Timur, bisa hadir dalam kegiatan tingkat kabupaten. Baik itu SDM, budaya dan ekonomi masyarakatnya. Tahun ini ada lomba lari, yang diharapkan bisa melibatkan masyarakat luas. Juga untuk mengkampanyekan hidup sehat ,“ ujar Boni Hasudungan.

Rangkaian kegiatan Pesta Rakyat 2019, mulai dilaksanakan pada hari Kamis hingga Sabtu mendatang ( 21 – 23 November 2019 ), dibeberapa spot. Selain untuk memecah konsentrasi massa. Konsep ini juga, diharapkan mampu mendorong berbagai kegiatan ekonomi masyarakat yang tersebar di beberapa spot kegiatan.

Selama rangkaian Pesta Rakyat, berbagai produk usaha dan kerajinan masyarakat akan dipamerkan serta dipasarkan di Lehong. Berbagai kegiatan turut memeriahkan Pesta Rakyat tahun ini. Pada hari pertama, Festival Kolo dan lomba tarian kreasi yang berlangsung di Lehong. Selain itu ada lomba lari yang dibagi dalam tiga kategori. Pertama, lomba lari 10 Km, dengan titik start lapangan pertamina dengan garis finish di Lehong. Lomba lari 5 Km, dengan rute rumah gendang Peot hingga Lehong dan yang terakhir, kategori 3 Km, dengan rute Kembur hingga Lehong. Acara kemudian, akan dilanjutkan dengan penampilan berbagai atraksi bela diri.

Hari kedua, para jawara Caci yang berasal dari sembilan kecamatan, se Kabupaten Manggarai Timur, akan mengadu ketangkasan selama dua hari, yang dimulai hari Jumat hingga Sabtu (22-23/11/2019), di Lehong. Apel peringatan HUT ke - 12 Manggarai Timur, akan dilaksanakan pada hari Sabtu, ( 23/11/2019) yang juga menjadi puncak Pesta Rakyat. Dijadwalkan, penyerahan hadiah akan dilaksanakan usai apel dan ditutup dengan pagelaran Caci.

Ada hal menarik jelang pelaksanaan Pesta Rakyat kali ini. Dalam sepekan, masyarakat kota Borong, banyak terlihat berolah raga lari menuju Lehong pada sore hari. Selain berlatih menyiapkan kondisi fisik jelang lomba lari. Aktivitas ini menjadi kampanye, untuk mulai menjalankan gaya hidup sehat, dengan berolah raga.

( ManggaraiTimur/MC/ Patrys Anggo)


We have Android App!

Install Manggarai Timur App for better Browsing

Download

JDIH Manggarai Timur

NEWSLETTER

Please enable the javascript to submit this form

LOKASI KAMI :