Manggarai Timur, MC- Desa Golo Meni, adalah salah satu desa yang berada di Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi NTT. Desa dengan luas wilayah mencapai 2.242 Ha, dikenal sebagai salah satu desa penghasil produksi komoditi Kopi di Kabupaten Manggarai Timur. Namun siapa sangka, desa penghasil kopi ini, justru menyimpan kekayaan lain.

Tanah subur dengan iklim sedang, didukung berlimpahnya jumlah mata air menjadi sumber bagi sungai yang mengalir sepanjang tahun. Tingkat pencemaran air yang rendah, menjadikan Golo Meni, sebagai daerah potensi ikan air tawar.

Silvester Nurbin (58), laki laki asal desa Golo Meni, menjadi sosok inspiratif, dibalik keberhasilan budidaya ikan air tawar warga kampung Ranggapo. Kolam seluas sekitar 1 (satu) hektar miliknya, dimanfaatkan tumbuhnya tanaman sayur dan ikan. Bentangan sayur Paku dan selada, serta beragam ikan air tawar, seperti ikan Mas, Mujair, Karpel dan Nila Super, menjadi penghuni kolam yang dibangun sejak era 80 an.

Dari data yang peroleh dari Pemerintah Desa Golo Meni, 250 kepala keluarga, telah menjadi pembudidaya ikan air tawar. Budi daya ikan air tawar ini, telah menjadi tradisi yang telah diawariskan sejak turun temurun. Rata rata, para pembudidaya memiliki I hingga 5 kolam ikan air tawar. Bahkan saat ini, sebuah danau buatan dengan luas sekitar 1 hektar, menjadi sumber ekonomi warga yang dikelola bersama.

Untuk mendukung potensi tersebut, sejak beberapa tahun lalu, pemerintah Kabupaten Manggarai Timur, telah memberikan dukungan berupa 20 kolam permanen, yang dikelola oleh 3 kelompok. Walaupun pengelolaanya, masih dilakukan secara tradisional, tingkat produksi ikan air tawar terus meningkat.

Di tengah hamparan persawahan yang luas, kolam kolam ikan, akan terlihat membentuk beragam pola indah untuk dinikmati. Perkebunan kopi yang terawat dan rindangnya hutan, berbaris rapi dibawah kaki bukit.

                Golo Meni, bisa menjadi alamat sekaligus kesempatan untuk menikmati pemandangan pegunungan yang istimewa bersama keluarga. Dan berburu ikan air tawar dengan harga yang sangat ramah kantong.

(MANGGARAI TIMUR / MC / Peliput : Dedy Riwu )

Editor : Patrys Anggo


We have Android App!

Install Manggarai Timur App for better Browsing

Download

JDIH Manggarai Timur

NEWSLETTER

Please enable the javascript to submit this form

LOKASI KAMI :