Manggarai Timur-MC, Desa Nampar Sepang yang terletak di Kecamatan Sambi Rampas kabupaten Manggarai Timur, pada tanggal 27 Februari 2018 telah membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dengan nama Longko Momok. Nama Longko Momok sendiri diambil dari bahasa Rembong, yang dapat dimaknai sebagai “Sebuah bentuk kerjasama sehingga tercipta kekuatan untuk meraih keberhasilan”. Untuk menopang kehadiran BUMDes Longko Momok, Pemerintah Desa Nampar Sepang telah merealisasikan Rp.80.000.000 dari alokasikan anggaran sebesar Rp. 100.000.000.

Abdullah Masjuban selaku Direktur BUMDes Longko Momok menyampaikan, dengan bentuknya BUMDes ini diharpkan akan membantu bagi perekonomian masyarakat setempat.

BUMDes Longko Momok ini telah menyiapkan berbagai program bagi masyarakat, salah satu program unggulan yang sudah dijalankan adalah penyediakan bibit Komoditi bawang merah bagi masyarakat dengan harga terjangkau. Lebih lanjut Abdullah Masjuban menjelaskan, Untuk menunjang kinerja BUMDes Longko Momok pihaknya telah membentuk struktur kepengurusan dan penyusunan program unggulan baik program jangka pendek, jangka menengah dan jangka Panjang yang di titik beratkan pada bidang pertanian terutama untuk komoditi jangka pendek diantaranya Padi, Jagung dan Bawang Merah. Sedangkan untuk program jangka menengah dan jangkah panjang hingga saat ini belum terealisasi karena masih dalam proses perencanaan.

Adapun prinsip utama BUMDes Longko Momok adalah membantu masyarakat dalam meningkatkan nilai jual hasil komoditi masyarakat dan menghidari masyarakat petani dari tengkulak yang membeli hasil pertanian dengan harga sangat rendah.

Penulis/photographer: Muhamad Yamin

Editor : Paulus H.Kurniawan


We have Android App!

Install Manggarai Timur App for better Browsing

Download

JDIH Manggarai Timur

NEWSLETTER

Please enable the javascript to submit this form

LOKASI KAMI :