ManggaraiTimur,MC- Jumat, (20/12/2019) Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas melantik 67 orang Kepala Desa terpilih Pilkades serentak periode 2019 – 2025 dan 1 Kepala desa antar waktu pada desa Wae Lokom, Kecamatan Elar, periode 2019-2023. Acara pelantikan yang berlangsung di Lehong ini, berlangsung dengan sangat meriah. Ratusan undangan dari keluarga Kades terlantik memenuhi ruangan dan pelataran aula pelantikan.

Usai pembacaan naskah pelantikan yang disusul dengan penandatangan berita acara pengambilan sumpah jabatan oleh perwakilan Kepala Desa terpilih dan Kepala Desa antar waktu, desa Wae Lokom. Saksi rohaniwan serta Bupati Manggarai Timur.

Secara spontan, Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas menyampaikan bahwa dirinya hanya menyematkan tanda pangkat dan jabatan Kepala Desa secara simbolis, kepada salah seorang perwakilan Kepala Desa yang terlantik.

Dan untuk 67 orang Kepala desa terlantik lainnya, Agas Andreas meminta kesediaan pasangan Kepala Desa terlantik, untuk menyematkan tanda pangkat dan jabatan Kepala Desa. Sesuai aba aba Agas Andreas, penyematan dilaksanakan secara serempak dan disambut tangan riuh oleh undangan yang hadir.

“Ini kita lakukan, agar ibu bapak yang dilantik sebagai Kelapa desa hari ini, selalu ingat dan sadar. Bahwa keberhasilan yang dicapai hari ini, tidak bisa diraih tanpa dukungan pasangan “, kata Agas Andreas.

Kepala DPMPD Kabupaten Manggarai Timur, Yos Durahi menyampaikan, spontanitas Agas Andreas tidak bertentangan dengan ketentuan yang ada. “secara moral, Bupati Manggarai Timur, Bapak Agas Andreas, ingin mengingatkan kepada seluruh kepala desa terlantik hari ini, untuk bekerja melayani kepentingan masyarakat desanya “, ujar Yos Durahi.

Dari 68 orang kepala desa yang dilantik, 26 orang merupakan petahana dan 42 orang lainnya merupakan wajah wajah baru. Martinus Sadi, Kepala desa Wae Lokom, Kecamatan Elar menjadi satu satunya Kepala desa yang dilantik melalui mekanisme pergantian antar waktu, sementara 66 orang lainnya merupakan hasil dari pelaksanaan Pilkades serentak 2019.

Keberhasilan Yovita Mbaju Kepala desa Golo Lijun dan Maria Taung, Kepala desa Golo Munde, Kecamatan Elar, yang terpilih dalam Pilkades serentak mendapat apresiasi dari Agas Andreas. Kepada 68 orang Kepala desa ini, Agas Andreas menitipkan pesan, untuk membangun kembali harmoni dan solidaritas di desa usai pelaksanaan Pilkades.

Dan fokus pada penanganan stunting, perlindungan ibu dan anak, Sanitasi, peran TP. PKK tingkat desa melalui agenda dasawisma serta mengoptimlakan potensi desa yang bisa dikembangkan bagi kesejahteraan masyarakat desa. Diakhir arahannya, Agas Andreas berjanji, untuk melakukan sidak kegiatan pembangunan pemerintah desa sepanjang tahun 2020 mendatang. Untuk itu, Agas Andreas berharap setiap Kepala desa mampu bekerja secara optimal.

(ManggaraiTimur/MC/Patrys Anggo)


We have Android App!

Install Manggarai Timur App for better Browsing

Download

JDIH Manggarai Timur

NEWSLETTER

Please enable the javascript to submit this form

LOKASI KAMI :