Peringatan hari ulang tahun Pramuka tingkat Kabupaten Manggarai Timur (KMT) akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan selama 4 (empat hari) hingga hari puncak peringatan pada tanggal 14 Agustus 2017.  Demikian disampaikan Frans Selamat, Ketua Kwarcab Pramuka Manggarai Timur saat menggelar rapat persiapan di Aula SMK Negeri I Borong, Jumat (04/8).

Beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan diantaranya adalah perlombaan antar kwartir ranting, napak tilas awal berdirinya KMT, kunjungan ke tempat-tempat ibadat yang menjadi simbol kuatnya toleransi antar umat beragama di kabupaten ini. “Semua kegiatan ini akan terbungkus dalam nuansa budaya sehingga nilai-nilai budaya tetap tertanam dalam diri generasi yang akan datang,” jelas Frans.

Ditambahkannya, kegiatan napak tilas akan diawali dari Toka yang merupakan pusat pemerintahan di tahun-tahun awal terbentuknya KMT sebelum akhirnya dipindahkan ke Lehong. Peserta, lanjut Frans, juga akan mengunjungi Monumen Suharto yang ada di Kelurahan Rana Loba, saat mengunjungi wilayah ini dalam rangka panen raya padi pada tahun 1986. “Ini untuk mengingatkan kita semua tentang kesuksesan Operasi Nusa Makmur yang digagas Gubernur NTT, Ben Mboy, kala itu,” ungkap Frans.

“Peserta juga akan mengunjungi beberapa rumah ibadat  yang ada di Borong, yaitu Masjid dan Gereja yang punya kenangan tentang indahnya kerukunan antar umat beragama yang sudah terjalin sejak dulu,” sambungnya. Hal ini, kata Frans merupakan upaya untuk terus menanamkan semangat toleransi dalam jiwa generasi muda Manggarai Timur, ditengah berbagai persoalan toleransi yang sedang dihadapi bangsa ini.

 

Perayaan Hari Ulang Tahun Pramuka ke-56 untuk Kwartir Cabang Manggarai Timur tahun ini akan dipusatkan di Borong, ibu kota KMT. Semua rangkaian kegiatan dalam peringatan ini akan dimulai pada tanggal 11 agustus 2017. Mc Manggarai Timur/Bennyndap


LOKASI KAMI :