Bupati Manggarai Timur, Drs Yoseph Tote, M.Si melakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Borong, Kabupaten Manggarai Timur di Lehong (Jumat 09/09/2016)

 

Acara ini diawali dengan ritual adat untuk meminta restu alam dan leluhur tanah Riwu serta restu leluhur 12 kedaluan yang ada di Manggarai Timur agar aktivitas pembagunan pembangunan senilai 7.686.993.000,00 ini berjalan aman dan lancar. Kemudian dilanjutkan dengan Ibadat sabda yang dipimpin Romo Simon Nama Pr, Vikaris Keuskupan Ruteng Wilayah Borong, Manggarai Timur.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Timur, dr. Philipus Mantur, dalam laporanya menyatakan bahwa kegiatan pembangunan RSUD ini sudah diawali dengan studi kelayakan pada tahun 2011 dan dinyatakan layak oleh Mentri Kesehatan RI,  selanjutnya pada tahun 2014 disusun master Plan RSUD Borong, Kabupaten Manggarai Timur yang menjadi acuan dalam pembangunannya. Adapun tahapan pembangunan dalam 2 tahap yaitu Tahap pertama adalah 2015 – 2020 dan tahap II 2021 – 2026. Pada tahun 2016 dibangun gedung rawat jalan sedangkan pada 2017akan dibangun gedung UGD, Rawat Inap, ICU, farmasi dan Laboratorium. Pada tahun 2015 melaksanakan penyusunan dokumen Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) kerjasama Fakultas Geografi UGM dan 13 agustus 2016 dilaksanakan rapat komisi penilai AMDAL dokumen AMDAL memutuskan layak lingkungan hidup.

Karena keterbatasan anggaran maka pada tahun ini hanya sampai pada pekerjaan struktur untuk dua lantai, sedangkan finising akan dilakukan pada 2017. Untuk pembangunan gedung rawat jalan dibutuhkan anggaran sebesar 10,23 miliar sementara dana yang tertuang pada DPA Dinas Kesehatan  hanya 7,7 miliar yang pengerjaannya dilaksanakan oleh PT Floresco Aneka Indah., sementara untuk pengawasan dilaksanakan oleh PT Sigma Ekatama Engeneering.

Bupati Yoseph Tote dalam sambutannya menyatakan bahwa selama 8 tahun pertama ini sudah dibangun sarana dan prasarana kesehatan di desa. “Selama ini kita sudah menyiapkan sarana dan prasarana kesehatan di desa dengan membangun 23 Puskesmas di manggarai timur dan 8 unit yang sudah bisa melayani rawat inap, dan tahun ini kita sudah mulai membangun RSUD Tipe C di Borong.” Ditambahkannya, Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur terus berjuang dan berkomitmen untuk menyediakan fasilitas kesehatan yang memadai bagi warganya. Oleh karena itu pada tahun ini dibangun satu gedung, selanjutnya pada 2018 akan dilanjutkan dengan membangun 8 gedung dari 16 gedung yang harus disiapkan. Pada bagian akhir sambutannya, Bupati Yoseph berpesan agar Dinas Kesehatan melaksanakan pembangunan ini sesuai aturan dan hukum yang berlaku sehingga tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.(kmf)

 

 

 


JDIH Manggarai Timur

NEWSLETTER

Please enable the javascript to submit this form

LOKASI KAMI :