Memasuki musim kemarau tahun 2016, BPBD Provinsi Nusa Tenggara Timur mengeluarkan surat peringatan  dengan Nomor BPBD.360/84/Bid.II/IV/2016 tanggal 29 April 2016 tentang persiapan memasuki bencana kekeringan kepada seluruh masyarakat NTT. Berdasarkan laporan perkiraan musim kemarau Tahun 2016 dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Lasiana Kupang, memprediksi  Zona Musim ( ZOM ) wilayah Propinsi Nusa Tenggara Timur  akan mengalami awal kemarau sejak bulan april 2016.  

 

Kondisi berbeda justru dialami oleh masyarakat di Kabupaten Manggarai Timur yang menderita gagal panen akibat banjir. Kondisi ini tersebar merata dibeberapa kecamatan, diantaranya kecamatan Lamba leda, Elar, Borong, Poco Ranaka dan Poco Ranaka Timur. Berdasarkan pantauan BPBD Kabupaten Manggarai Timur, curah hujan di Kabupaten Manggarai Timur masih relative  tinggi hingga bulan juni 2016.

Secara topografis wilayah pemukiman masyarakat Manggarai di Kabupaten Manggarai Timur berada pada kemiringan hingga tujuh puluh derajat. Kondisi ini dikhawatirkan menjadi potensi ancaman bencana bagi masyarakat di Kabupaten Manggarai Timur yang mayoritas bermukim  di wilayah lereng dan perbukitan.

Perubahan iklim ekstrim dikhawatirkan akan terjadi di Kabupaten Manggarai Timur, dari intensitas curah hujan yang tinggi menjadi kemarau sehingga menindaklanjuti peringatan BPBD Propinsi Nusa Tenggara Timur pada bulan april yang lalu, BPBD Kabupaten Manggarai Timur    telah mengambil langkah langkah strategis.  

Plt. Kepala Pelaksana Badan  Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Manggarai Timur Antonius Dergong S.IKom menyampaikan instansinya telah berkoordinasi kepada sembilan Pemerintah kecamatan di Kabupaten Manggarai Timur untuk segera menyiapkan data tentang daerah rawan kekeringan dan pangan yang berbasiskan desa/ kelurahan yang ditujukan kepada Bupati Manggarai Timur. Langkah ini diikuti dengan melaksanaan kegiatan peningkatan sumber daya aparatur disetiap kecamatan untuk melakukan tindakan pencegahan dini dari potensi ancaman bencana.

Antonius Dergong juga mengharapkan partisipasi masyarakat bersama Pemerintah untuk terlibat dalam mengantisipasi bencana kekeringan yang sangat mungkin akan terjadi di Kabupaten Manggarai Timur pada tahun 2016.

 

Kontributor: Paschalis Syukur (Staf Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Manggarai Timur)

 

Edito: Patrys Anggo (Kepala Seksi Pelayanan Media Pers, Media Baru, Media Cetak/Grafika, dan Media Luar Ruangan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Manggarai Timur)


We have Android App!

Install Manggarai Timur App for better Browsing

Download

JDIH Manggarai Timur

NEWSLETTER

Please enable the javascript to submit this form

LOKASI KAMI :