ManggaraiTimur,MC- Posko Wae Mokel, kecamatan Kota Komba, kabupaten Manggarai Timur, menjadi Check Point pertama mengawal pergerakan sosial dari arah Timur Flores menuju wilayah Manggarai raya.

Selain kendaraan logistik, para pelintas yang tidak memiliki dokumen lengkap, diperintahkan untuk berbalik arah oleh petugas posko Wae Mokel.

Camat Kota Komba, Hermenegildus P. Athman menjelaskan, pihaknya tidak segan segan memerintahkan pelintas dari arah Timur Flores untuk berbalik arah ketika tidak memiliki dokumen sesuai protokol kesehatan.

"Hari ini ada beberapa kendaraan yang bukan pembawa logistik, terpaksa kami larang untuk melintas, karena tidak memiliki dokumen. Beberapa kendaraan pengangkut logistik antar pulau kami izinkan, karena memiliki dokumen yang lengkap,"ujar Hermenegildus P. Athman, Selasa (19/5/2020). dari Timur Flores menuju wilayah Manggarai raya dan sebaliknya, terus mengalami penurun

Dari data posko Wae Mokel, memasuki minggu ke empat dibulan Mei, pergerakan pelintas an secara signifikan.

Ditengah upaya menekan penularan potensi ancaman Covid-19, beberapa warga yang baru tiba dari arah Timur Flores, diadvokasi untuk menjalankan isolasi mandiri.

"Pemerintah desa dan Kelurahan, selalu melaporkan pelaku perjalanan yang tidak disiplin menjalani isolasi mandiri. Dan segera kita tindaklanjuti, sehingga warga yang baru tiba mematuhi protokol kesehatan,"ujar Hermenegildus.

Mendeteksi dan mengawal pergerakan sosial masyarakat, tentu bukan perkara mudah ditengah pandemi.

Selain mengamankan jalur lintas wilayah antar kabupaten, menjaga ritme koordinasi Gugus Tugas tingkat Kabupaten hingga desa harus tetap dipertahankan.

Tidak mudah, tetapi memang harus dilakukan. Perjuangan ini hanya akan berhasil, jika setiap pribadi bisa membatasi diri, untuk tidak melakukan perjalanan menuju wilayah terdampak dan konsisten menjalankan protokol kesehatan.

(ManggaraiTimur/MC/Patrys Anggo)


We have Android App!

Install Manggarai Timur App for better Browsing

Download

JDIH Manggarai Timur

Radio Manggarai Timur

Free Shoutcast HostingRadio Stream Hosting

NEWSLETTER

Please enable the javascript to submit this form

LOKASI KAMI :