Manggarai Timur-MC, Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas melantik pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten Manggarai Timur periode 2019-2024 pada Senin (20/05) di Aula Setda Kabupaten Manggarai Timur, Lehong-Borong.

Bupati Agas dalam sambutannya mendorong PKK sebagai mitra pemerintah untuk terus berupaya menyukseskan program-program pemerintah dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Bupati Agas mengharapkan agar pengurus PKK mampu memaksimalkan program dan kegiatan sesuai dengan isu pembangunan daerah terutama program dan kegiatan yang berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat khususnya kaum ibu, isu pangan lokal, dan isu kesehatan ibu dan anak sehingga program pembangunan pemerintah kabupaten dapat diselaraskan dengan kegiatan-kegiatan PKK.

Bupati Agas juga menegaskan beberapa poin penting terkait keberadaan PKK terutama di tingkat desa. Pertama, keberadaan PKK dari tingkat kecamatan hingga tingkat desa harus dikukuhkan dalam surat keputusan camat dan kepala desa. Kedua, keberadaan PKK di tingkat desa harus didukung dengan pengalokasian dana desa pada program dan kegiatan PKK di tingkat desa. Beliau juga menambahkan agar para kader PKK di tingkat desa memaksimalkan penggunaan pangan dari bahan baku lokal dalam kegiatan-kegiatan PKK.

Ketiga, Bupati menegaskan pentingnya keberadaan Dasa Wisma sebagai sumber data yang akurat karena mencakup semua aspek kehidupan keluarga. Mengaktifkan kembali Dasa Wisma yang telah ada sangat penting dalam upaya mendukung program pembangunan pemerintah sehingga segala bentuk bantuan dan fasilitas dari pemerintah berkaitan dengan kebutuhan masyarakat bisa tepat sasaran dan mencakup semua aspek kehidupan keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat.

Keempat, berkaitan dengan isu stunting, PKK harus bisa menjadi mitra pemerintah dalam sosialisasi kesehatan ibu dan anak hingga ke tingkat desa. Data desa stunting yang dimiliki pemerintah dapat menjadi acuan untuk program dan kegiatan PKK dalam membantu pemerintah mencapai target menurunkan tingkat stunting di Kabupaten Manggarai Timur.

Turut hadir dalam acara pelantikan ini Wakil Bupati Manggarai Timur, Asisten Kesejahteraan Rakyat Setda Manggarai Timur, sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur, para camat, lurah, dan kepala desa tingkat Kabupaten Manggarai Timur. (red)


We have Android App!

Install Manggarai Timur App for better Browsing

Download

JDIH Manggarai Timur

NEWSLETTER

Please enable the javascript to submit this form

LOKASI KAMI :