manggaraitimurkab.go.id - Borong, Wakil Bupati Manggarai Timur, Jaghur Stefanus membuka Rapat Koordinasi Program Inovasi Desa tingkat Kabupaten Manggarai Timur (KMT) di Aula Setda KMT, Kamis (23/5). Rakor ini merupakan salah satu kegiatan yang penting dalam pelaksanaan kegiatan desa guna menyamakan pandangan semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan program ini, mendesiminasikan informasi tentang pelaksanaan kegiatan desa di Manggarai Timur tahun 2019. Jaghur Stefanus menjelaskan, melalui program ini setiap desa saling bertukar bantuan informasi , pengetahuan dan pengalaman dalam pelaksanaan pembangunan desa. Dengan demikian diharapkan agar kegiatan inovasi mendorong pertumbuhan ekonomi di desa melalui praktik-praktik yg inovatif.

Tambahnya, dengan hadirnya dana desa maka aparatur pemerintah desa harus lebih keras agar program yang dilakukan benar-benar bermanfaat bagi masyarakatnya. Jangan sampai hanya berpikir bagaimana cara mengeluarkan anggaran dan bagaimana pertanggungjawabannya. “Desa harus berpikir lebih keras agar membuat program inovatif yang mendukung masyarakat langsung” ungkapnya.

Dalam jangka menengah, kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan dan meningkatkan ekonomi serta meningkatkan kapasitas desa yang dikelola. Pada akhirnya mampu meningkatkan sosial ekonomi masyarakat sesuai dengan Arah kebijakan dan sasaran kegiatan Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Program Inovasi Desa tahun 2019 dilaksanakan melalui tiga komponen yaitu Pengelolaan pengetahuan dan Inovasi desa sebagai dukungan kepada desa agar lebih efektif dalam perencanaan pembangunan desa, penyedia penigkatan kapasitas tehnik desa yang diperlukan agar desa mendapatkan bantuan pembangunan desa yang dibutuhkan oleh lembaga profesional, serta pengembangan sumber daya manusia agar masyarakaat desa memperoleh pengetahuan dan keterampilan. (kmfkmt)


We have Android App!

Install Manggarai Timur App for better Browsing

Download

JDIH Manggarai Timur

NEWSLETTER

Please enable the javascript to submit this form

LOKASI KAMI :