Manggarai Timur, MC - Memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Pemerintah Manggarai Timur menggelar upacara bendera di Lapangan Terminal Borong, Kecamatan Borong pada hari Kamis (02/05).

Upacara yang dihadiri oleh ASN, guru, dan pelajar mengangkat tema nasional “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan” dipimpin langsung oleh Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas sebagai inspektur upacara.

Dalam kesempatan itu, Bupati Agas membacakan pidato Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia yang membahas bagaimana hadirnya Revolusi Industri 4.0. telah mempengaruhi cara kita hidup, bekerja, dan belajar.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan juga menyampaikan peran sekolah dan para guru untuk menerapkan pendidikan berbasis teknologi digital dengan sentuhan budaya Indonesia melalui tri pusat pendidikan: keluarga, sekolah, dan masyarakat. Ketiga pusat pendidikan tersebut harus saling mendukung dan menguatkan.

Bupati Agas juga berkesempatan menyerahkan piala dan piagam penghargaan kepada para pelajar yang menjadi juara pada lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SD dan SMP se-Kabupaten Manggarai Timur.

Peringatan Hardiknas diramaikan dengan berbagai pentas seni dan budaya dari siswa-siswi mulai dari tingkat PAUD, TK, SD, SMP, dan SMA di Kabupaten Manggarai Timur. Salah satunya adalah tarian tradisional Rangkuk Alu yang dipentaskan secara massal usai pelaksanaan upacara bendera.  

Tarian tradisional Rangkuk Alu yang dipentaskan oleh 1009 penari terdiri dari siswa tingkat SD hingga tingkat SMA di Kabupaten Manggarai Timur masuk rekor dunia dan tercatat dalam Lembaga Prestasi Indonesia-Dunia (LEPRID). (red)


We have Android App!

Install Manggarai Timur App for better Browsing

Download

JDIH Manggarai Timur

NEWSLETTER

Please enable the javascript to submit this form

LOKASI KAMI :