Manggarai Timur, MC- Agenda Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas terkait optimalisasi aset pemerintah bagi pembangunan di Kabupaten Manggarai Timur, mulai menunjukkan hasil, salah satunya melalui Dinas Kelautan dan Perikanan. Tambak Wae Reca Borong yang dulunya kurang optimal kini menjadi salah satu potensi ekonomi produktif setelah bekerjasama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Sejahtera Desaku.

 Wakil Bupati Manggarai Timur, Jaghur Stefanus yang didampingi pimpinan Organisasi Perangkat daerah (OPD)  melakukan panen perdana Udang Vaname dengan hasil 1,3 ton senilai nilai 78 juta rupiah, Jumat (05/4/2019)

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Manggarai Timur, Johanes Sentis dalam laporannya menjelaskan pihaknya telah melaksanakan inovasi kebijakan melalui kerjasama dengan LSM Sejahtera Desaku. Menurutnya panen perdana Udang Vaname telah mendorong pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Manggarai Timur. “Hal yang paling penting adalah optimalisasi pengelolaan aset daerah ini, mampu menggerakan ekonomi masyarakat. Pendapatan Asli Daerah ( PAD ) merupakan dampak dari pertumbuhan ekonomi yang kita bangun."

Wakil Bupati Manggarai Timur, Jaghur Stefanus memberi apresiasi kepada semua pihak yang berhasil mengoptimalkan pengelolaan aset daerah dan menyampaikan beberapa point penting yang membutuhkan kerja bersama. “Hal yang paling penting adalah kegiatan ini mampu menggerakan ekonomi masyarakat. Pendapatan Asli Daerah tentu merupakan dampak lanjutannya. Saya juga berharap teman teman LSM Sejahtera Desaku untuk ikut memberdayakan masyarakat kita sehingga mereka juga punya pengetahuan dan keterampilan memelihara udang Vaname,“ kata Jaghur Stefanus.

Sektor perizinan juga menjadi perhatian Jaghur Stefanus dan berharap iklim perizinan di Kabupaten Manggarai Timur harus dirawat sehingga mampu menarik minat investor di Kabupaten Manggarai Timur,  untuk sektor perikanan kita punya banyak potensi yang bisa dimaksimalkan. Salah satunya adalah wilayah utara yang bisa terus dikembangkan,“ ujarnya.

Udang Vaname menjadi salah satu komoditi unggulan di Kabupaten Manggarai Timur yang akan terus dikembangkan untuk mendukung pembangunan ekonomi di wilayah pesisir. Dukungan lingkungan alam yang masih baik menjadi modal pengembangan komoditi ini. Pemanfaatan teknologi tepat guna menjadi cara terbaik menyiasati perubahan iklim ekstrim yang sering terjadi. Udang Vaname menjadi harapan pengembangan inovasi desa di wilayah pesisir Kabupaten Manggarai Timur.

Peliput/Fotografer : Patrys Anggo/Gabriel H.A Tahir

Editor : Patrys Anggo


We have Android App!

Install Manggarai Timur App for better Browsing

Download

JDIH Manggarai Timur

NEWSLETTER

Please enable the javascript to submit this form

LOKASI KAMI :