Manggarai Timur, MC – Ketersediaan data yang valid dan konsisten telah menjadi perhatian pemerintah kabupaten Manggarai Timur. Saat ini, pemerintah dihadapkan pada dinamika persoalan yang kian kompleks dan harus segera ditangani dengan cepat serta tepat. Kemampuan pemerintah dalam merumuskan berbagai kebijakan tentu saja sangat tergantung pada ketersediaan data yang benar.

 

            Menjawab tantangan ini, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Manggarai Timur bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Manggarai Timur menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Publikasi Manggarai Timur Dalam Angka Tahun 2019 pada Kamis ( 08/8/2019), di ruang rapat Bupati Manggarai Timur.

Wakil Bupati Manggarai Timur, Jaghur Stefanus, dalam arahannya mengharapkan kegiatan FGD menjadi langkah strategis untuk menyamakan persepsi terkait keseragaman pemahaman data dan informasi statistik. Dan menjadi wahana evaluasi terhadap permasalahan pengelolaan data dan informasi statistik yang berkaitan dengan ketersediaan data statistik sektoral daerah.

Data dan informasi statistik oleh BPS menjadi bahan rujukan menyusun perencanaan, evaluasi, membuat keputusan dan memformulasikan kebijakan. Karena itu, kualitas penyajian data dan informasi statistik sangat penting untuk diperhatikan bersama. Untuk itu, kita membutuhkan data dan informasi statistik yang berkualitas. Saya berharap semua pihak untuk bekerja sama dan berperan aktif “, kata Jaghur Stefanus.

Menjawab harapan Jaghur Stefanus, Kepala BPS Kabupaten Manggarai Timur, Angela Regina Maria Wea, mengatakan, “FGD ini menjadi sarana efektif untuk mewujudkan satu data. Kita berharap tidak ada lagi perbedaan data terkait profil daerah Kabupaten Manggarai Timur. Sehingga, data yang terpublikasikan adalah data yang satu, sama serta dapat dipertanggungjawabkan. Kita tidak bisa membangun tanpa data.    

Jaghur Stefanus dalam kesempatan ini menegaskan pentingnya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan instansi terkait lainnya untuk selalu konsisten dalam setiap tahapan sehingga data yang tersaji dalam buku Manggarai Timur Dalam Angka menjadi referensi informasi statistik yang akurat dan tepat waktu.

Saat ini, penyusunan publikasi Manggarai Timur Dalam Angka 2019 telah melalui tahapan pengumpulan data dari berbagai OPD di bawah koordinasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Manggarai Timur. Tahapan ini kemudian dilanjutkan dengan kegiatan FGD sebagai forum finalisasi data untuk mencocokan data yang diinput, menguji validitas serta konsistensi data dari berbagai narasumber sebelum dipublikasikan.

Kegiatan FGD ini diikuti pimpinan OPD, Kasubag Perencanaan dan penginput data, lingkup pemerintah Kabupaten Manggarai Timur, serta pimpinan instansi vertikal. Ketersediaan data statistik yang akurat diharapkan mampu memberikan kepastian informasi bagi berbagai pemangku kepentingan di Kabupaten Manggarai Timur.

Untuk mewujudkan agenda satu data Badan Pusat Statistik dan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Manggarai Timur akan terus berkoordinasi dalam berbagai tahapan kegiatan pembahasan data publikasi Manggarai Timur Dalam Angka.

(ManggaraiTimur/MC/Patrys Anggo)


We have Android App!

Install Manggarai Timur App for better Browsing

Download

JDIH Manggarai Timur

NEWSLETTER

Please enable the javascript to submit this form

LOKASI KAMI :