ManggaraiTimur, MC – Hoax telah menjadi salah satu tantangan Indonesia saat ini. Lemahnya tradisi literasi dalam masyarakat, menjadi iklim subur maraknya informasi hoax dan mudahnya masyarakat terprovokasi tanpa meneliti kebenaran informasi yang beredar.

                Berdasarkan laporan Central Connecticut Nations University (CCSU) tahun 2016, Indonesia menempati urutan ke - 60 dari 61 negara yang diriset terkait tingkat literasi. Lima indikator yang digunakan sebagai alat ukur diantaranya adalah perpustakaan, koran,input Pendidikan,output Pendidikan, dan ketersediaan komputer.

                Upaya membangun sumber daya manusia, kini menjadi perhatian nasional. Dan menjadi salah satu skala prioritas RPJMD periode 2019-2024 Kabupaten Manggarai Timur, yang dijabarkan dalam misi satu, Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Timur.

                Terkait hal ini, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten Manggarai Timur, Yustinus M Nanga, menyampaikan pihaknya telah melakukan inovasi pelayanan, dengan meluncurkan aplikasi e-Perpusda Manggarai Timur yang bisa diunduh melalui play store. “ Aplikasi ini diharapkan bisa menjangkau masyarakat secara luas. Dalam aplikasi ini, tersedia 502 judul dengan beragam jenis buku . Silahkan diunduh, selanjutnya akan diaktivasi dan diberi password oleh operator kami “, kata Yustinus, Selasa (06/8/2019).

                Yustinus menilai, Perpustakaan digital ini, diharapkan mampu meningkatkan sumber daya manusia di Kabupaten Manggarai Timur, dengan semakin meningkatnya literasi membaca. Pemerintah desa juga diharapkan memberikan perhatian pada kegiatan kepustakaan dengan menyediakan berbagai buku, yang mampu menunjang kegiatan produktif masyarakat desa. “ Selain infrastruktur fisik, juga perlu memndukung keberadaan infrastruktur sosialnya. Terutama dengan meningkatkan pengetahuan masyarakat desa. Dengan menyediakan buku buku yang sesuai dengan kebutuan petani atau juga peternak, sehingga berdampak pada peningkatan produksi mereka “, tandasnya.

                Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Manggarai Timur, secara bertahap akan melakukan berbagai upaya peningkatan pelayanan perpustakaan dan kearsipan. Beberapa agenda yang akan dikembangkan diantaranya adalah, mendorong program perpustakaan wisata, perpustakaan inklusi yang mendukung sektor sektor lain seperti, pertanian dan peternakan.

Terkait agenda kepustakaan dan pengarsipan, pihaknya akan menyiapkan studi perencanaan , sehingga bisa mendapatkan dukungan pemerintah pusat. Dukungan anggaran yang bersumber dari DAU diharapkan bisa terealisasi pada tahun tahun berikutnya. Sehingga agenda pembangunan manusia Manggarai di Kabupaten Manggarai Timur, bisa dicapai sesuai target RPJMD period 2019-2014.

                ( ManggaraiTimur/MC / Patrys Anggo )

Editor : Patrys Anggo

Fotografer : Muhamad Yamin


We have Android App!

Install Manggarai Timur App for better Browsing

Download

JDIH Manggarai Timur

NEWSLETTER

Please enable the javascript to submit this form

LOKASI KAMI :