Bupati Manggarai Timur Drs Yoseph Tote,  melantik Kepala desa terpilih, dari pelaksanaan pilkades serentak tahap pertama di Kabupaten Manggarai Timur. Acara pelantikan berlangsung di Lehong sebagai pusat Pemerintahan Kabupaten Manggarai Timur, Kamis ( 30/3).

Menginjak usianya yang kesembilan tahun, Kabupaten Manggarai Timur dibangun berdasarkan konsepsi dan gebrakan Cengka Ciko ( meretas isolasi ) yang berorientasi pada pembangunan desa. Upaya ini, kemudian diperkuat dengan diimplementasikannya UU No 6 Tahun 2014  tentang Desa, oleh pemerintah pusat.

Yoseph Tote berharap, setiap Kepala desa, mampu melaksanakan pembangunan dengan terencana, terukur dan berkelanjutan sehingga kesejahteraan masyarakat dapat tercapai. “ Kita harus melihat desa, sebagai basis kebudayaan, basis ekonomi dan basis pembangunan yang harus terus, kita perkuat. Bersama sama, kita bangun desa, “ tegas Yoseph Tote.  

Pengelolaan keuangan desa, dengan memberdayakan Tim Pengelola Keuangan Desa atau PTPKD dan relasi Kepala Desa dengan BPD, menjadi isu utama yang juga disampaikan oleh Bupati Manggarai Timur pertama ini. Untuk itu, Yoseph Tote berharap, setiap Kepala Desa harus belajar dari nilai nilai budaya yang menjadi keutamaan manusia Manggarai.    

Hingga saat ini, jumlah desa di Kabupaten Manggarai Timur, berjumlah 159 desa yang tersebar di 9 wilayah kecamatan. Penyelenggaran Pilkades serentak diKabupaten Manggarai Timur, masih menyisahkan tahap kedua dan ketiga. Para Kepala Desa yang dilantik pada tahap pertama ini, akan melaksanakan tugasnya hingga tahun  2023.  

Penyelenggaraan Pilkades tahap pertama, yang  berjalan dengan aman dan damai ini, diharapkan mampu menjadi contoh dan semangat, bagi penyelenggaraan Pilkades serentak berikutnya. (MC/PATRYS ANGGO ) 


LOKASI KAMI :