Pola hidup bersih dan sehat harus dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Salah satu pendekatan yang dilakukan adalah “”membongkar kebiasaan lama” yang masih jauh dari pola hidup bersih dan sehat. Kebiasaan membuang sampah/limbah  di sungai, tempat umum dan sembarang tempat harus ditinggalkan, karena lingkungan yang kotor atau tercemar dapat menimbukan-menyuburkan berbagai penyakit berbasis lingkungan, seperti diare, DBD, cacingan dan sebagainya.

 

Banyak upaya dan cara yang telah dilakukan oleh berbagai pihak yang peduli dengan lingkungan hidup sehat namun  hasilnya belum memuaskan. Menanggapi kondisi ini, Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur, melalui Dinas Kesehatan dan Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan  bekerja sama dengan PLAN, mengembangkan tehnik perilaku hidup bersi dan sehat, dengan pendekatan Sanistasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Pada tanggal 31 Januari 2017, Pemda Manggarai Timur ,  melaksanakan deklarasi STBM di kecamatan elar.  Deklarasi ini diikuti Bupati Manggarai Timur Drs Yosepth Tote M.Si, Wakil ketua DPRD Kabupaten Manggarai Timur Ir Gonis Bajang, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Manggarai Timur, Beberapa Pimpinan SKPD, Wakil Pokja AMPL Provinsi NTT  selaku Ketua HAKLI Provinsi NTT Michael John Takesan, S.KM, M.Si, bersama anggota, Camat Elar dan Elar Selatan, Kepala Desa Sekecamatan Elar dan Elar Selatan,  Toko Agama, Toko Adat, Toko Masyarakat, serta siswa siswi dari tingkat TK, SD, SMP dan SMA, dan seluru masyarakat sekitar.

Bupati Manggarai Timur, Drs Yoseph Tote M.Si
Bupati Manggarai Timur, Drs Yoseph Tote M.Si

Bupati Manggarai Timur, Drs Yoseph Tote M.Si, dalam sambutannya megatakan bahwa Sanistasi yang umumnya disebut sebagai  Kesehatan Lingkungan, merupakan salah satu faktor terbesar yang mempengaruhi derajat kesehatan manusia.  Sanitasi identik dengan penyediaan  air bersih, Jamban Keluarga, sarana pengelolaan sampah dan saran pembuangan air limbah. Sanitasi perlu diajarkan dan menjadi pola hidup masyarakat di setiap tingkatan umur,  anak-anak sampai orang dewasa.

 

Deklarasi ini dirangkaikan dengan penandatanganan prasasti, penyerahan sertifikat untuk desa dan kelurahan STBM serta aksi cuci tangan massal yang melibatkan Bupati Manggarai Timur bersama rombongan dan peserta kegitan. (Dedi Riwu) 


LOKASI KAMI :