Masyarakat dusun Gurung desa Sita boleh bernapas legah saat ini, sebab persoalan aksesibilitas kesehatan yang dialami masyarakat diwilayah ini telah dijawab dengan kehadiran Poskesdes Wangkung yang telah diresmikan pemanfaatannya oleh Kepala desa Sita Dominggus Malum ( 18/2/2016).

Pembangunan Poskesdes Wangkung desa Sita ini bersumber dari dana desa Sita tahun angaran 2015 senilai Rp 226.972.000,-. Bangunan Poskesdes Wangkung terdiri dari ruangan ruangan bersalin, ruang pelayanan obat, administrasi, gudang, tiga kamar mandi dan wc serta dilengkapi dengan berbagai fasilitas kesehatan lainnya seperti 1 unit lemari obat,1 unit meja biro, 1 unit tempat tidur, alat timbang bayi duduk dan gantung. Berbagai fasilitas kesehatan yang disediakan oleh pmerintah desa Sita ini diharapkan mampu memberikan pelayanan dan kenyamanan bagi masyarakat di dusun Gurung. Bangunan Poskesdes seluas 8 m x 10 m ini berdiri diatas lahan hibah milik masyarakat dusun Gurung seluas 12 m x 25 m.

Dominggus Malum, Kepala desa Sita Kecamatan Rana Mese berharap pembangunan Poskesdes Wangkung ini dapat mengatasi persoalan aksesibilitas kesehatan yang selama ini menjadi keluhan masyarakat terutama persoalan tingginya angka kematian ibu dan bayi.

Kehadiran Poskesdes Wangkung ini mendapat dukungan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Timur. Kepala Puskesmas Sita, Jamaludin Mutalib mengatakan " Puskesmas Sita akan menempatkan enam orang tenaga kesehatan di Poskesdes Wangkung sehingga mampu memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat ". Pasca peresmiannya, Poskesdes Wangkung telah melayani enam persalinan.

Desa Sita telah menjadi inspirasi keberpihakan pemanfaatan anggaran desa bagi peningkatan kualitas kehidupan masyarakat desa.    

 Penulis dan Editor : Patrys Anggo dan Pantaleon Saling, Liputan : Tarsisius Baharu  


We have Android App!

Install Manggarai Timur App for better Browsing

Download

JDIH Manggarai Timur

Radio Manggarai Timur

Free Shoutcast HostingRadio Stream Hosting

NEWSLETTER

Please enable the javascript to submit this form

LOKASI KAMI :