ManggaraiTimur,MC- Pemerintah Desa Gurung Turi, kecamatan Poco Ranaka mendistribusikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada 232 KK, yang terdiri dari 92 KK dari desa Gurung Turi dan 140 KK dari desa persiapan Compang Nengker. Langkah Pemerintah desa Gurung Turi ini telah sejalan dengan ketentuan dalam Pasal 24 Ayat 5, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2017 tentang Penataan Desa, yang berbunyi Desa Persiapan mendapatkan biaya operasional paling banyak 30% dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Induk.

Kepala Desa Gurung Turi, Erenius M. Nedar menjelaskan, pihaknya telah menuntaskan dua tahapan pendistribusian BLT kepada warga, dengan total anggaran yang senilai Rp. 417.600.000 untuk bulan April dan Mei. Dan saat ini Pemerintah desa Gurung Turi, sedang menyiapkan proses pencairan BLT tahap ketiga.

“Total Anggaran ini dibagi untuk dua warga Desa yaitu Desa Gurung Turi, sebagai desa induk sebanyak 92 KK. Dan kepada desa persiapan Compang Nengker, sebanyak 140 KK. Untuk Tahap ketiga, saat ini sedang proses, sehingga bisa dibagikan pada pertengahan bulan Juni ini,” Ungkap Erenius, Jumat (05/06/2020).

Erenius menjelaskan Pemerintah desa Gurung Turi mengalami kesulitan akibat kekeliruan data penerima bantuan, akibat proses pendataan dilakukan oleh dua pemerintah desa yang berbeda. Terkait hal ini, Pemerintah desa Gurung Turi sebagai desa induk dan Pemerintah desa persiapan Compang Nengker, melakukan verifikasi kembali sasaran penerima bantuan, sehingga penerima BLT (Bantuan Langsung Tunai) tidak terdata sebagai penerima BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai).

“ Masyarakat yang terlanjur menerima dua jenis bantuan, wajib membuat penyataan tertulis untuk memilih jenis bantuan yang ingin diterima di tahap tiga. Dan bantuan yang tidak dipilih ‘pdan terlanjur diterima di tahapan sebelumnya, dikembalikan kepada Pemerintah desa induk,”ujar Erenius.  

Kepada masyarakat penerima bantuan, Erenius mengharapkan agar dimanfaatkan untuk menjaga daya konsumsi rumah tangga dan tidak dimanfaatkan untuk membeli minuman keras ataupun hal hal lain yang tidak produktif.

( ManggaraiTimur/MC/Patrys Anggo / Angelo Menggot)


We have Android App!

Install Manggarai Timur App for better Browsing

Download

JDIH Manggarai Timur

Radio Manggarai Timur

Free Shoutcast HostingRadio Stream Hosting

NEWSLETTER

Please enable the javascript to submit this form

LOKASI KAMI :