Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas melakukan panen simbolis padi jenis Inbrida di Satar Bubut, Wangkung, Desa Sita, Kecamatan Rana Mese, Jumat (17/04).  Bupati Andreas mengapresiasi hal ini di tengah ancaman Pandemi Korona yg tentunya berdampak pada ketersediaan pangan.


"Panen ini menjadi motivasi bagi kita semua, bahwa kita di Manggarai Timur ini tidak lapar," tambahnya. Tahun ini, lanjut Bupati Andreas, warga diminta untuk tidak menjual hasil panen untuk mengantisipasi kondisi Pandemi Korona yg belum bisa diprediksi kapan berakhirnya.

Padi yg dipanen ini merupakan hasil dari benih bantuan Pemerintah Pusat pada tahun 2019. Desa Sita menjadi salah satu  yg mendapat alokasi bantuan benih bagi 4 kelompok tani dan ditanam pada lahan seluas 60 hektar. Salah satu yg mendapat bantuan benih adalah Kelompok Tani Tunas Muda yang hasilnya dipanen secara simbolis oleh Bupati Andreas pada kesempatan ini.
Luas lahan padi sawah di Desa Sita adalah 179,48 hektar dengan produksi rata-rata 5,72 ton/hektar. Sejak tahun 2015 Desa ini juga merupakan desa mandiri benih. Saat ini sedang dikembangkan benih padi Varietas Ciherang oleh Kelompok Tani Wela Wangkung secara swadaya pada lahan seluas 20 hektar. Kondisinya, saat ini sudah mulai dipanen pada Senin (13/04) dengan target 60 ton diproses menjadi benih.
Kabupaten Manggarai Timur (KMT) tahun lalu mendapat alokasi untuk lahan seluas 500 hektar. Bantuan ini tersebar di Kecamatan Elar, Kota Komba dan Rana Mese. Kecamatan Rana Mese mendapat alokasi 195 hektar untuk 13 kelompok tani. Kecamatan Kota Komba mendapat alokasi  220 hektar untuk 20 kelompok tani. Sedangkan untuk Kecamatan Elar dialokasikan untuk 5 kelompok tani yg tersebar pada 85 hektar lahan.
Pada tahun 2019 luas panen padi sawah di KMT mencapai 22.750,7 hektar dengan produktivitas 4 ton/hektar. Produktivitas ini masih tergolong rendah bila dibandingkan dengan produksi rata-rata nasional yang mencapai 5,2 ton per hektar.
Berbagai langkah ditempuh Pemerintah KMT melalui dinas terkait meluncurkan berbagai program pertanian untuk meningkatkan produktivitasnya. Hasilnya sudah mulai terlihat dan ditargetkan melebihi produktivitas rata-rata nasional.


We have Android App!

Install Manggarai Timur App for better Browsing

Download

JDIH Manggarai Timur

NEWSLETTER

Please enable the javascript to submit this form

LOKASI KAMI :