ManggaraiTimur,MC- Posko Wae Mokel, kecamatan Kota Komba, kabupaten Manggarai Timur, menjadi Check Point pertama mengawal pergerakan sosial dari arah Timur Flores menuju wilayah Manggarai raya.

Selain kendaraan logistik, para pelintas yang tidak memiliki dokumen lengkap, diperintahkan untuk berbalik arah oleh petugas posko Wae Mokel.

Camat Kota Komba, Hermenegildus P. Athman menjelaskan, pihaknya tidak segan segan memerintahkan pelintas dari arah Timur Flores untuk berbalik arah ketika tidak memiliki dokumen sesuai protokol kesehatan.

Read more: MENJAGA LAJU DI TIMUR MANGGARAI

ManggaraiTimur,MC- Sama seperti beberapa Hari raya keagamaan lainnya. Umat muslim tahun ini pun, harus merayakan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah ditengah perjuangan melawan pandemi Covid-19.

Jelang Idul Fitri 1441 Hijriah, tokoh muda islam, yang juga anggota DPRD kabupaten Manggarai timur, Ustad Jemain Ustman, mengajak umat muslim untuk mengikuti arahan pemerintah.

Read more: KEWASPADAAN BAGIAN DARI IMAN

Manggarai Timur, MC- Merespons warga yang tiba dari sejumlah wilayah zona merah, Pemerintah desa (Pemdes) Pocong, Kecamatan Poco Ranaka, telah menyiapkan tempat karantina bagi warga untuk menjalankan isolasi mandiri. Bangunan PAUD seluas 170 m2 difungsikan sebagai tempat karantina. Dua ruangan berukuran 6x7 meter mampu menampung 5 hingga 10 orang dan telah dimanfaatkan sejak diresmikan sebagai tempat isolasi 5 Mei 2020 lalu.

Read more: MENGHITUNG LANGKAH MIGRASI BARU DI DESA POCONG

ManggaraiTimur,MC- Pemerintah Desa Gurung Turi, kecamatan Poco Ranaka mendistribusikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada 232 KK, yang terdiri dari 92 KK dari desa Gurung Turi dan 140 KK dari desa persiapan Compang Nengker. Langkah Pemerintah desa Gurung Turi ini telah sejalan dengan ketentuan dalam Pasal 24 Ayat 5, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2017 tentang Penataan Desa, yang berbunyi Desa Persiapan mendapatkan biaya operasional paling banyak 30% dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Induk.

Read more: PEMERINTAH DESA GURUNG TURI ALOKASIKAN ANGGARAN BLT UNTUK PEMERINTAH DESA PERSIAPAN COMPANG NENGKER

ManggaraiTimur/MC- Dengan Luas wilayah 2.258 hektar dan tanah yang subur, desa Golo Tolang, kecamatan Kota Komba, menjadi kediaman sejumlah tanaman komoditi perdagangan, seperti kopi, cengkeh dan coklat.

Tak ada lahan yang dibiarkan terlantar. Lahan pekarangan rumah, juga dimanfaatkan warga, untuk memelihara tanaman perdagangan ini.

Bagi 522 kepala keluarga di desa Golo Tolang, kopi, cengkeh dan coklat adalah jalan, agar ekonomi bisa terus bergerak.

Read more: MENUNGGU MUSIM PETIK DI GOLO TOLANG

1. Semua orang bisa terinfeksi COVID19. Namun kemungkinan itu menurun jika orangnya selalu menggunakan masker, cuci tangan sesering mungkin, jaga jarak dengan orang lain.

2. Tidak semua orang yang terinfeksi bisa sakit. Hampir 50% yang terinfekai bisa tanpa gejala, 30% sakit ringan dengan gejala utama bisa demam atau batuk kering. Bisa juga ada gejala lain seperti hilang penciuman, ruam di kulit atau gejala gangguan cerna. Penyakit ini bisa menyerupai berbagai macam penyakit lain seperti demam berdarah atau typhus. 20% gejala sakit berat hingga perlu dirawat di RS, bisa ada infeksi di paru yang mengakibatkan sesak, peradangan pada jantung yang bisa mengakibatkan jantung berhenti mendadak gagal jantung, atau infeksi sistem syaraf yang mengakibatkan gangguan kesadaran. 5% sakitnya berat, perlu ruang rawat intensif isolasi khusus dan juga ventilator. Sekitar 3% tidak tertolong. Walau jumlah ini terlihat sedikit, jika dalam kurun waktu tertentu banyak yang terinfeksi COVID19, maka sistem kesehatan akan kesulitan membantu mereka yang sakit sehingga akan banyak yang jadi korban. Contohnya Amerika Serikat, disana warganya kurang disiplin, presiden-nya bahkan menolak menggunakan masker, akibatnya 100 ribu orang lebih sudah meninggal dunia.

Read more: Sedikit Fakta Tentang Covid-19

ManggaraiTimur,MC- "Berdasarkan Pemdes PDTT, bantuan ini selanjutnya disebut Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT - DD) tahun 2020 untuk penanganan dampak Corona Virus Disease 2019 ( Covid-19" ungkap Kepala Desa Leong Yohanes Jeharu.

Matim, Akurstnews.com-- Pemerintah Desa (Pemdes) Leong Kecamatan Poco Ranaka Kabupaten Manggarai Timur (Matim) mengalokasikan anggaran Bantuan Langsung Tunai (BLT) senilai senilai Rp 354,600,000 atau 30% dari total nggaran Dana Desa (DD) tahun 2020 yaitu Rp 1.183.906.000.

Read more: PEMDES LEONG DISTRIBUSIKAN 30 PERSEN DANA DESA KEPADA 179 KPM

More Articles ...

We have Android App!

Install Manggarai Timur App for better Browsing

Download

JDIH Manggarai Timur

Radio Manggarai Timur

Free Shoutcast HostingRadio Stream Hosting

NEWSLETTER

Please enable the javascript to submit this form

LOKASI KAMI :